Tentang IEF Farm

Napak Tilas | Inti Usaha | Visi

Koleksi IEF Farm

Koleksi Pohon Induk | Bibit Buah | Tanaman Lainnya

Wisata Kebun Buah

Program Wisata Kebun Buah

TENTANG KITA

Napak Tilas

Indonesia Exotic Fruits Farm (IEF Farm) adalah Perusahaan Perkebunan Bibit Buah diketinggian 700m dpl, di Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor berjarak 30 menit dari Kampus Dramaga IPB. IEF Farm berdiri sejak awal 2014 dari lahan tidur awal seluas 3 hektar dan sekarang menjadi Perkebunan Bibit dan Pohon Induk buah buahan eksotik sekitar 20 hektar (Desember 2018).

Moto : Menghijaukan lingkungan dengan Bibit Buah Exotic dan Mensejahterakan masyarakat sekitarnya.

Inti Usaha

Produksi Bibit

Memproduksi bibit pohon buah eksotik (varietas buah yang unik dan native / khas Indonesia)

Penelitian & Pengembangan

Meneliti & mengembangkan pemuliaan bibit melalui hasil introduksi atau persilangan dari bibit buah unggul luar negeri dan dalam negeri

Budidaya Pohon Induk

Membudidayakan secara Intensif ribuan pohon buah induk yang terdiri >100 varietas buah pilihan yang eksotik

Visi & Misi

Berkontribusi aktif dalam memajukan dunia hortikultura Indonesia melalui :

  • Diseminasi varietas bibit buah yang eksotik dan
  • Penguasaan teknologi & praktek-praktek pemuliaan bibit.
  • Jasa pengelolaan perkebunan buah yang lengkap dan terpadu.

Mendorong penggunaan varietas bibit & budidaya pohon buah eksotik yang mempunyai nilai tambah tinggi

  • Memproduktifkan Lahan Tidur dan Ruang Terbuka (tanah atau beton) skala besar
  • Memakmurkan Petani Buah secara perorangan, berkelompok, koperasi atau institusi
  • Menyalur Hobi Pemilik Gedung & Rumah untuk berkebun Buah skala kecil

Kenapa Buah Eksotik ?

Indonesia adalah negara tropis yang subur; menawarkan biodiversitas tanaman buah yang beragam.  Lokasi dari banyak gunung berapi sehingga menawarkan unsur hara tanah yang subur. Usaha pertanian dan agro industri belum optimal dijalankan dan belum menjadi “Tuan Rumah di Negeri Sendiri”. Praktek budidaya pertanian, mekanisasi pertanian, teknologi pertanian, pemuliaan bibit, penelitian dan pengembangan budidaya pohon buah masih dibawah harapan.

Tidak heran Impor Buah dan ketergantungan Indonesia atas Buah Impor menjadi tinggi. Indonesia mengimpor sedikitnya 25 macam buah dari 16 negara dengan nilai impor sebesar Rp 16 Triliun di tahun 2017 (Sumber: BPS & Depdag). Ini adalah pembayaran devisa yang mubazir dan konsumtif daripada produktif & menghemat. 

Itu sebabnya IEF Farm didirikan untuk memproduksi bibit pohon buah Eksotik. Artinya varietas buah baru, khas (native) Indonesia. Lebih produktif, manis, legit atau berdaging tebal dengan tekstur, warna, kulit, daging atau bentuk buah yang “Eksotik” (beda dari mayoritas yang sudah ada dipasar). Perbedaan Bibit Buah ini adalah hasil kerja keras Tim Penelitian & Perkembangan IEF Farm (terdiri dari Doktor & Sarjana Pertanian umumnya lulusan IPB). Bila dikonsumsi atau dijual maka buah buah Eksotik ini akan banyak diminati oleh pecinta buah serta menghasilkan Harga Jual yang lebih baik.

Tim Manajemen & Tenaga Ahli

Pola Usaha / Kerjasama

IEF Farm mendorong pencinta buah buahan tropis dan pemilik lahan tidur untuk mengunjungi Kebun Bibit IEF di Leuwiliang – Bogor melihat sendiri koleksi & hasil usaha kami sambil menjajaki 1 dari 3 bentuk kerjasama:

Pembelian putus bibit pohon buah

Pembelian bibit pohon buah dgn Layanan Purna Jual

Kerjasama Perkebunan Buah dengan Pola Bagi Hasil Bergaransi bagi Pemilik Lahan Tidur

Koleksi Kebun & Produk IEF:

Pohon pohon buah tropis yang dapat ditanam dan dapat bertumbuh baik di wilayah Indonesia antara 300 – 900 meter dpl dengan curah hujan atau ketersediaan air setara 150mm-300 mm / bulan (musim kemarau – musim hujan) diatas tanah pertanian subur hingga semi marginal.

Koleksi Pohon Induk

Pohon Induk berumur 2-8 tahun

Koleksi Tanaman Lain

Tanaman Lain berumur 1-3 tahun

Produk Bibit Buah

Bibit Buah berumur 2-24 bulan

Wisata Kebun Buah

Mari ajak keluarga dan sahabat bertamasya luar ruang yang edukatif, murah dan meriah. Tersedia 3 pilihan Wisata Kebun sambil memetik buah, pemandangan alam yg indah serta suasana kebun pedesaan yg tenang, segar dan menyejukan.

Wisata Kebun 2 Jam

Wisata Kebun Buah berdurasi 2 jam ditunjukkan untuk calon pembeli bibit buah yang sudah mengetahui (lebih serius) tentang bibit pohon buah apa yang hendak dibeli. Cocok untuk kelompok kecil 2-6 peserta.

Wisata Kebun 6 Jam

Wisata Kebun Buah berdurasi 6 jam ditujukan untuk pemerhati, penggiat dan pencinta tanaman hortikultura, buah-buahan dan pencinta alam dan kegiatan luar ruang. Tersedia 10 pilihan program 4-5 diantaranya dapat dilaksanakan dalam durasi wisata 6 jam. Wisata Rombongan minimal 6-24 peserta. Wisata Kebun dibuka 7 hari / minggu antara jam 08.00 – 16.00

Wisata Kebun Menginap

Wisata Kebun menginap 2 hari. Check In jam 09.00 check out jam 16.00 keesokan hari. Tersedia 24 pilihan program 8 diantaranya dapat dilaksanakan selama berwisata. Minimum rombongan 4 peserta. Maksimum 12 peserta.

Testimonial

Kebun Kami - Pandangan Drone

Kebun Kami